https://pyfahealth.com/
Sat - Sun: Closed

Dukung Pemerintah Mendeteksi Penyebaran Covid-19 Pyridam Farma Sediakan Mobile PCR Lab di Tirta Medical Centre

Jakarta, 23 September 2020. Mobile Polymerase Chain Reaction Lab atau lebih dikenal dengan Mobile PCR Lab, memegang peranan penting dalam upaya penanganan penyebaran Covid-19 di Indonesia. Keberadaan Mobile PCR Lab sangat penting, karena bisa lebih cepat membantu mendeteksi pasien yang terpapar Covid-19, sehingga keputusan semakin cepat juga untuk melakukan isolasi atau merawat pasien yang terpapar virus dalam rangka memutus penyebaran Covid-19.

“Pyridam Farma sebagai perusahaan farmasi sangat mendukung langkah dan program pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19. Pendeteksian dini terhadap penyebaran Covid-19 secara cepat, fleksibel dan mudah dijangkau oleh masyarakat, sangat mutlak dilakukan. Selain menyediakan obat-obat modern dan tradisional penambah imunitas tubuh dan juga produk-produk yang berhubungan dengan pencegahan serta penanganan Covid-19, Pyridam Farma juga menyediakan Mobile PCR Lab yang akan dioperasikan oleh Tirta Medical Centre,” kata Ryan Arvin, Corporate Secretary PT Pyridam Farma Tbk., dalam siaran persnya hari Rabu, 23 September 2020.

Ryan menambahkan bahwa Mobile PCR Lab yang disediakan Pyridam Farma sudah memenuhi standar protokol kesehatan yang ditetapkan World Health Organization (WHO). Di dalam Mobile PCR Lab, kami sudah sediakan berbagai alat perlengkapan pengetesan virus, seperti mesin PCR dan pendukungnya, PCR reagent test kit dan bahan habis pakai serta APD. Mobil PCR ini juga telah memenuhi standar keamanan laboratorium PCR. Rencananya, akan ada lebih dari 10 mobil PCR yang dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan PCR swab di Indonesia, 2 diantaranya sudah bisa dioperasikan oleh Tirta Medical Centre. Dalam waktu dekat, mobil PCR Lab lainnya akan segera selesai proses pembuatannya dan secepatnya

 

membantu masyarakat dan pemerintah untuk mendeteksi dan memutus penyebaran Covid- 19.

“Mobile PCR Lab ini sudah menggunakan teknologi terbaru dengan memiliki kapasitas 1.000 tes perhari dan hasilnya akan keluar kurang lebih 2 jam setelah pemeriksaan. Dengan adanya Mobile PCR Lab yang dioperasikan oleh Tirta Medical Centre, Pyridam Farma mengharapkan akan semakin membantu masyarakat, instansi dan pemerintah dalam mendeketeksi penyebaran Covid-19 sehingga semakin cepat juga dalam memutus rantai penyebaran virusnya”, tegas Ryan

Sementara itu Dr. Fitriani Sukri, Direktur Tirta Medical Centre mengatakan bahwa kerja sama ini sudah sangat kami nantikan untuk lebih menunjang kami dalam melakukan pengetesan Covid-19. Melalui Mobile PCR Lab, kami yakin dapat lebih cepat dan lebih akurat dalam pendeteksian keberadaan virus dalam tubuh, baik itu yang memang sedang kondisi sakit tertentu, mempunyai gejala Covid-19, atau sama sekali tidak mempunyai gejala Covid-19, yang lebih dikenal dengan istilah OTG (Orang Tanpa Gejala) atau asimptomatik.

“Mobile PCR Lab ini mulai kami operasikan pada pekan pekan lalu, tujuannya adalah agar pemeriksanaan akan lebih fleksibel, tidak bercampur dengan pemeriksan penyakit lain, memiliki aksebilitas yang tinggi, juga mendapatkan hasil pemeriksaan dengan cepat serta proses penanganan pasien yang positif Covid-19. Selain digunakan untuk tes PCR, mobil ini juga kami fungsikan untuk pengetesan rapid test,” tambah Dr. Fitriani Sukri.

 

Tentang Pyridam Farma Tbk.

Pyridam Farma Tbk adalah perusahaan Farmasi dimana bisnis utama Pyridam adalah memproduksi obat-obatan modern dan tradisional dan juga distribusi alat kesehatan seperti alat laboratorium dan juga PCR test kitsPerusahaan ini didirikan pada tahun 1972 dan sudah menjadi perusahaan terbuka di bursa saham mulai tahun 2001.

Pyridam memproduksi berbagai macam produk farmasi seperti Antibiotik, Vitamin, Suplemen, dan Perawatan Herbal Tradisional. Perusahaan ini memiliki lebih dari 200 produk dalam bentuk tablet, kaplet, kapsul, sirup krim, dan salep. Selain itu, Pyridam juga memproduksi produk resep seperti penisilin dan non-penisilin antibiotik, anti-TBC, dan obat

 

penghilang rasa sakit, serta produk non-resep produk vitamin, pencegah flu dan batuk, dan antipiretik.

Tentang Tirta Medical Centre

 Tirta Medical Centre adalah perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan dan telah berdiri sejak tahun 2003 di Jakarta. Tirta Medical Centre merupakan bagian dari Fullerton Health Group yang berpusat di Singapura. Dalam menjalankan bisnisnya, Tirta Medical Centre berkomitmen untuk menjadi penyedia pelayanan medis yang memberikan pelayanan premium baik ditingkat korporasi maupun masyarakat umum. Jenis layanan kesehatan yang dilakukan Tirta Medical Centre yaitu Medical Check Up, Medical Site Service (Penyediaan Jasa Medis di lingkungan perusahaan), Third Party Administration/ Administration Service Only dan Medical Evacuation.

Sejalan dengan meningkatnya kepercayaan dan permintaan klien dan masyarakat, maka Tirta Medical Centre meluaskan jangkuan pelayanannya di Indonesia dan membangun 15 cabang klinik di seluruh Indonesia yaitu di Jakarta, Tangerang, Surabaya, Makassar, Kalimantan dan Bali. Dalam rangka mendukung program pemerintah untuk menanggulangi pandemic Covid- 19, Tirta Medical Centre telah melakukan pelayanan Vaksin Flu, Rapid Test dan PCR Test baik yang dilakukan secara On Clinic maupun secara mobile dengan menggunakan Mobile PCR Lab Test yang dapat menjangkau seluruh lokasi di Indonesia.